Jumat, 24 April 2015

Gimana sih caranya biar keliatan pinter ngomong bahasa inggris?




Hampir kebanyakan orang kalau udah liat orang yang ngomong bahasa inggrisnya lancar pasti berpikir kalau orang itu pinter bahasa inggris. Ya sebenanya memang ada benarnya juga tapi ya ga sepenuhnya benar. Sebenarnya bagi beberapa orang, belajar ngomong bahasa inggris dengan lancar itu kuncinya ada di seberapa banyak kita tau kalimat-kalimat yang sering dipakai saat ngobrol dan berani salah.




Biasanya permasalahan terbesar seseorang yang mau bisa ngomong pakai bahasa inggris itu takut salah. Kalau udah salah pasti akan malu. Ya, apa lagi malu kalau dibilang “eh lu salah kali, harusnya pakai kalimat ini.” Lah mau berkembang gimana, di koreksi kok engga mau.

Cara terbaik buat orang yang sedang belajar ngomong pakai bahasa inggris itu adalah dengan engga takut salah, berani malu, dan berani ngomong. Kesalahan dalam belajar adalah hal yang wajar dan sangat wajar. Menurut riset mengatakan bahwa anak kecil baru bisa berjalan setelah berpuluh-puluh kali jatuh. So, sangat wajar kalau saat belajar terjadi kesalahan disana dan disini.

MALU.

Ngapain malu? Lah orang belajar kok malu? Emang pernah liat orang yang bisa ngomong bahasa inggris itu malu-malu saat ngomongnya? Kalau ada juga itu pasti orang yang sedang belajar bahasa inggris juga kaya kamu dan hebatnya adalah dia berani mengalahkan rasa malunya buat belajar dan memilih unuk terus berkembang. Malu adalah hal yang sangat wajar dan melakukan hal yang sangat memalukan adalah proses yang sangat wajar. Justru dengan seringnya kita malu, hal tersebut akan membuat kita lebih kuat dan lebih cuek sama hal yang namanya malu. Dengan kata lain, cuek tersebut membuat kita lebih Confident atau percaya diri.  Jangan takut, kokohkan kakimu untuk melangkah, lantangkan suaramu untuk berbicara plus tebalkan mukamu  untuk berani malu. Hanya orang-orang yang kuat yang berani mengalahkan dirinya sendiri.

Nah kalau masalah malu sudah sedikit teratasi, langkah selanjutnya yaitu mau dikoreksi. Yang tau kamu salah saat kamu engga terlalu yakin kalau kamu itu sebenarnya salah atau benar ya si pendengar atau si lawan bicara. (Itu juga kalau Orang yang kamu ajak bicara itu paham sama apa yang kamu omongin, kalau sama-sama engga paham ya udah aja lah. Gapapa lanjut aja ngocehnya). Dan ketika terjadi ketika si lawan bicara mengoreksi apa yang udah kita omongin, hal yang harus kamu lakukan adalah bersyukur. Semakin sering kamu dikoreksi sama lawan kamu, bukan berarti kamu sering salah. Ya emang sih kamu sering salah, tapi faktanya kejadian koreksi itu malah hal yang paling mudah untuk diinget. Semakin sering dikoreksi, semakin berkurang kesalahan yang akan kamu lakuin saat proses belajar ngoceh pake bahasa inggris. Jangan pernah malu untuk bilang “oh iya maaf maksud gue itu, atau wah makasih banget nih udah ngoreksi”. Bahkan sering-seringlah bertanya sama yang ngerti bahasa inggris atau bahkan sebisa mungkin cari referensi tentang cara keren ngoceh bahasa inggris.

TAKUT.
Banyak yang beranggapan bahwaberbicara pakai bahasa inggris punya kesulitan tersendiri. karena dalam berbicara bahasa inggris itu harus benar secara grammar atau terstruktur dengan baik. pada faktanya adalah memang pada bagiannya betul dan pada sebagiannya
Memang betul berbahasa harus terstruktur dengan baik, apalagi dalam bahasa inggris yang memiliki struktur kebahasaan yang sedikit berbeda seperti pada kalimat, " I eat fried chicken". Arti sebenarnya adalah "Saya makan ayam goreng". Arti "Fried" adalah goreng, dan "Chicken" adalah ayam. ko terbalik? dalam bahasa inggris, peletakan adjective atau kata sifat (Fried chicken) diletakan sebelum noun (Chicken). Namun dalam bahasa Indonesia, peletakan kata sifat ditaruh setelah kata benda seperti " Wanita cantik itu adalah ibuku." kata sifat (Cantik) diletakan setelah kata benda (wanita).
Tapi menurut ilmu semantics atau ilmu yang mempelajari tentang makna bahasa, dalam berkomunikasi sebenarnya yang utama adalah tersampainya maksud yang kamu ingin sampaikan. So, ketika kamu bilang kata, "Ikut?" secara kalimat ini bukan disebut kalimat yang sempurna namun dalam makna dan maksud si penutur adalah ingin mengajak seseorang dengannya.
Jadi selama maksud yang kamu ucapkan tersampaikan, jangan pernah takut untuk berbicara dengan bahasa inggris. Apalagi takut dengan kesalahan. Memang istilah "The more you practice, the more you can do," semakin sering berlatih maka semakin bisa anda berbicara dengan bahasa inggris sangat  benar adanya. Ketika intensitas berkomunikasi banyak, melakukan kesalahan pun akan banyak. Ketika melakukan kesalahan itulah kamu akan banyak belajar. Kesalahan dan pengalaman akan banyak membantu kamu dalam berlatih berbahasa menggunakan bahasa inggris.

Hafalkan istilah-istilah yang sering digunakan sehari-hari.
 Jangan sangka, kalau lihat orang-orang bisa fasih berbicara pakai bahasa inggris itu sebenarnya hanya mengulang-ulang istilah yang biasa dipakai sehari-hari. Mereka yang berbicara dengan keren, sebenarnya mereka hanya mengulang-ulang kalimat yang sering dipakai saja. Contohnya kalimat greeting. "Hi, what's up.", "Good Morning", atau yang lainnya. Atau kalimat kepo seperti, "Hey, what are u doing ha?".

Mencobalah berlatih dengan kata tanya.
Menurut penulis, susahnya berkomunikasi itu rata-rata karena tidak tau apa yang ingin ditanyakan atau bagaimana caranya memulai percakapan. Salah satu cara untuk memulai percakapan bisa dengan cara memberikan pertanyaan, yang tentu saja berhubungan dengan apa yang ingin diobrolkan. "Hey, what are u doing?" atau "What will you do if ........", gunakan 4W1H atau pertanyaan yes-no. Akan sangat membantu sekali ketika kamu sudah bisa memberanikan diri untuk memulai percakapan atau ingin menanyakan sesuatu.

Yes, udah ga malu, udah ga ada masalah saat dikoreksi, dan ini saatnya tingkatin kalimat-kalimat yang sering dan paling sering dipakai saat ngobrol santai.

Kalimat atau obrolan yang paling dipakai saat pertama ketemu atau memulai percakapan ya kurang lebih seperti ini.
Dibawah ini adalah contoh kalimat yang PALING SANGAT SERING dipakai.


  • Hi broo, what’s up?               
  •  Morning. Atau Hi, good morning. (bisa pakai apa aja asal sesuai waktu) 
  •  Eh eh eh, what’s going on? (ada apa nih?) 
  •  What are u doing here? (lagi ngapain disini lu?) 
  • What will u do here? (apa yang mau kamu lakuin disini?)

Atau kalimat yang biasa dipake saat ada orang dateng ke arah kamu. 

  •  what are u looking for? (lagi nyariin apa?) 
  •  Why are u looking at me like that? (napa kamu liatin saya kayak gitu?) 
  • Kalimat kalo lagi nongrong dan engga tau harus ngapain. 
  •  where are we going now? (mau kemana kita sekarang?) keadaan kalau udah siap-siap mau pergi bareng-bareng.


Dan dibawah ini beberapa kalimat lainnya :
Take me up                                                    = anterin aku
Don’t stand in my way                                  = jangan menghalangiku
Who do you think you are?                         = kamu pikir kamu siapa?
Why didn’t you call me back?                      = kenapa kamu tidak telpon balik?
Can I se you tonight?                                    = bisa ketemu nanti malam?
I’m on my way                                               = aku dalam perjalanan
I’ve got things to do                                      = aku ada acara
Anything else                                                 = ada yang lain
Why do you say so?                                      = kenapa kamu bilang begitu?
I’ll take you on a tour                                   = aku bisa membawamu keliling
I’ll take you home                                         = aku akan mengantarmu pulang
Do you mean to say something?                 = apakah anda mengatakan sesuatu?
Could I come in?                                            = bolehkah saya masuk?
Trust me                                                        = percaya padaku
Get out of my face                                         = pergilah dan jangan ganggu aku lagi
I’ll see who’s coming                                    = akan ku lihat siapa yang datang
Keep quiet about it                                       = jangan kasih tau siapa-siapa
I’m sorry to keep you waiting                     = maaf sudah bikin kamu menunggu
Why didn’t you answer my call?                 = kenapa kamu tengga jawab telponku
Calm down it’s just a little problem            = tentang ini Cuma masalah kecil
What happened                                             = apa yang tidak beres disini
Keep out of my way                                      = jangan halangi jalanku/minggir!
People change                                               = semua orang pasti berubah
It’s not that easy                                            = engga segampang itu
It’s too early for me                                      = ini terlalu cepat bagiku
I didn’t mean to say that                              = aku engga bermaksud ngomong begitu
You’ll be sorry for this                                 = kamu akan menyesal karena udah melakukan ini

Terima kasih kepada ellyoktavia.blogspot.com yang telah menyediakan beberapa contoh kalimat yang sering digunakan. Saya comot beberapa yaa??

Meskipun ngoceh pake bahasa inggris engga segampang membalikan telapak tangan, tapi dengan usaha dan keyakinan yang kuat hal yang tidak mungkin bisa jadi sangat mungkin buat kamu-kamu yang mau berusaha.
Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu. Karena sesuatu akan terjadi jika sesuatu itu ada yang memulai. iya, KAMU yang memulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar