Minggu, 18 Agustus 2013

Do'a yang Terbaik

okeh, saya lanjut ceritanya ..
dan akhirnya setelah do'a dan ikhtiar panjang lebar, kini SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk PTN juga saya gugur.
tanpa patah arah dan tujuan, periksa dompet, kartu atm, kredit panci, rekening listrik dan lain-lainnya, saya memutuskan gebrag langsung ke universitasnya
ada 3 univ yang saat itu akan saya gerag. di daerah tuut, tiit, dan duaarrrr.

univ pertama saya kembali berjuang, dan cukup merogoh kocek yang lumayan.
sembari berdo'a beberapa hari kemudiannya saya kembali test UM atau ujian Masuk di univ yang kedua. Dan kembali dompet saya mulai kritis .
dan univ terakhir berada tepat di kampung saya sendiri.


pengumuman hasil semua test akan di umumkan tepat pada tanggal yang sama.
waktu yang makin lama makin terasa cepat itu tiba-tiba menjadi waktu yang buat jantung berdetang engga wajar.
dan ketika waktunya tiba, satu demi satu kabar mulai bermunculan.

malam sebelum berita itu datang, saya cuma ngobrol sama Allah SWT. saya cuma bisa okeh ya tuhankuu, sekarang saya pasrah dan saya berikan semua keputusannya pada MU. Semoga diberikan semua yang baik untuk saya dan keluarga saya.

ketika paginya, berita itu muncul satu persatu. univ pertama GUGUR dan langsung buat hati ini lumer.
Lemas dan buat badan ini kaga karuan lagi rasanya. Univ ke dua yang paling saya impi-impikan GUGUR juga dan univ yang kedua ini yang bikin badan ga mau bangun dari tempat tidur, maunya nutup mata yang lama dn berharaip ini semua mimpi.
okeh deh yang terakhir adalah univ yang ada di kampung sendiri, cuma ini harapan saya saat itu. Kaga kebayang kalo univ yang ini juga gagal, mau bilang apa ke bapa ibu ku dirumah ??
dan Allah SWT menjawab pertanyaan dan do'a saya tadi malam. Saya bersyukur di univ yang berada di kampung sendiri ini masih bisa menerima saya.

entah apa yang saya pikirkan saaat itu, saya hanya bersyukur dan bersyukur, tanpa memikirkan betapa bodohnya saya yang telah gagal di dua UNIVERSITAS ternama di INDONESIA itu.
saya merasa diri saya menjadi yang paling bodoh di antara teman sekelas saya.
UPI IPB UPN UP UNSOED UNDIP UTENAS UNISBA UNPAD
itu beberapa Univ yang menerima temen2 sekelas saya.

tapi, tepat di malam harinya saya berbincang lagi dengan Allah SWT. Banyak yang saya curahkan disana.
Mulai dari kata Apa, Kenapa, Bagaimana dan banyak lagi.
ya !! akhirnya Allah SWT kembali menjawab pertanyaanku semalam.
Saya melihat wajah IBU dan Bapakku yang sumringah atas anaknya yang di terima di Univ di kampung sendiri,
dan itu semua jawaban dari keluh kesahku kemaren-kemaren.

Mereka masih belum bisa melepas anak kesayangannya, yang  paling kecil dan yang paling sering membuat cerita-cerita tentang kegiatannya setelah pulang sekolah.
Anak yang lahir paling terakhir dan yang paling sering curhat dengan orang tuanya.
Yang paling sering buat eksperimen masakan aneh dan enak. Dan yang paling bandel.
Itulah kenapa mereka sumringah. Ya !!
Mereka masih membutuhkanku di sini. Dirumah ini.
Alhamdulillah puji syukurku atas do'aku yang Engkau kabulkan ...

meski kadang mereka yang sudah lulus di Universitas di luar kampungnya membuat saya rendah diri, tapi Senyum kedua orang tua ku itu membuatku mengerti apa yang mereka mau.

Semoga Allah memberikan nikmat sehat, nikmat iman, dan nikmat hidupnya selalu kepada orang yang saya sayangi dan yang menyayangi diriku ini.
mhehehehe

kali ini saya harus melanjutkan hidup ini jauh lebih baik dari sebelumnya.

Jumat, 05 Juli 2013

Galau Kuliaaaahh

akhirnya saya mulai nulis di blogg tercinta hahaha udah sekian lama vakum dan akhirnya saya menyempatkan kembali nulis cerita di kehidupan saya. Banyak cerita saya yang bakal ngisi ini blogg, mulai dari cinta, sekolah, kuliah, facebook, daily activity dan masih banyak lagi ..

mungkin yang lagi ngtren di hidup saya saat ini galau kuliah. Ya, kenapa saya nulis GALAU?? karena saya iseng nulis ok :). Untuk pertama kalinya saya masuk kejenjang perkuliahan setelah dinyatakan eL.U.eL.E.eS
ELUELUESSS Ujian Nasional yang katanya ribet sana-sini dan mudah-mudahan kedepannya bakal jadi lebih baik lagi dan kaga ada lagi yang jadi kelinci percobaan.

ngedenger kata Kuliah kayaknya keren, tapi saat ini saya belum ngrasain yang namanya kuliah dan masih harap-harap cemas sama hasil SBMPTN (seleksi bersama Masuk PTN).

oh iya yang iseng baca postingan ini mungkin aja ga tau apa itu SNMPTN, SBMPTN, UM, Bidik Misi, dan lain sebagainya
mulai dari yang paling awal ya itu SNMPTN.
SNMPTN itu artinya Seleksi Nilai biar Masuk PTN hehehe (istilahnya untuk tahun2013 itu UNDANGAN) , jadi untuk masuk ke Universitas yang kita mau, kita harus bersaing melalui nilai sekolah dan nilai UN.
dan sedihnya saya (penulis) ini gagal dalam SNMPTN dan yang lebih parah lagi saya GALAU.
rasanya dari awal udah pusing pilih Universitas mana yang bakal saya lamar, ribet sama petugas yang begitu dah, dan ribet sama hati yang ga tenang nunggu hasil.

setelah lama nunggu, akhirnya BrAaaAAkkkk hancur berantakan hati saya ngeliat kaga ada satupun yg nerima saya :(. waktu itu masih ada pujaan hati yang masih bisa ngehibur saat saya masih kecewa sama diri saya. Makasih ya ..

ngeliat temen2 yang lain udah dapet Universitas hasil lamarannya bikin hati ini empet, kenapa saya ngga bisa kayak mereka ? why ????
dan setelah beberapa saat saya merenung, hp saya berbunyi tanda ada sms masuk.
teman : T                  saya : S
T : "bro, gmna hasilnya ?"
S : (empet) "hmm, ente gmna ?" (berharap senasib)
T : "belum lulus bro, ente gmna ??"
S : (ranking satu tepar kayak gue ?) "ebuset beneran ?, saya juga blum lulus nih, gimana nih?"
T : "iya bro, si ini, ini, dan ini juga kaga keterima katanya"
S : "wualah (seneng plus sedih, mreka tutor sebaya saya bisa bgitu), jadi mau SBMPTN ?"
T : "iya bro, ayo lah tancap !!"

liat, temen saya semangaaaat betul, lah saya? suram gitu ckckck

ok deh bulat kan tekad, siap hajar SBMPTN
nggak mau gagal buat kedua kalinya, kini saya mulai banting stir dan tancap gas
SBMPTN artinya Seleksi Bersama Masuk PTN. nah maksudnya Ujian tulis di daerah yang kita inginkan (syukur2 deket rumah) tapi ujiannya NASIONAL
wuihh,, Dengan menyebut nama ALLAH SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
tancaapp

orang yang saya sayangi ngga pernah berhenti doain dan kasih semangat saya, termasuk kedua orang tua dan kedua kaka2 ku top banget lah.
deg-degan dan khawatir

tepatnya tanggal 18-19 juni
ngisi dengan tenang meski perasaan sudah campur aduk tidak karuan
pagi yang cerah disertai doa kedua orang tua, bikin hati ini makin mantep
nyampe di tempat ujian di telfon sama perempuan yang saya sayang
di kasih motivasi dan lain2. makiiiinn mantep


ujian selesai dan kembaliiiiiiii hati ini makin ga tenang
yang tadinya hasil ujian bakal keluar tanggal 14
sekarang denger berita bakal nongol tanggal 8/9 Juli
wuahhh

ikhtiar udah, do'a ga pernah putus
ya Allah ya Tuhanku yang maha Mendengar, Maha Pengasih
mudahkanlah hambamu ini untuk senantiasa beribadah di jalanmu ..
aamiin ..

cerita selanjutnya akan saya tulis kalau hati ini udah tidak galau lagi okk ??
terima kasih

Jumat, 20 Januari 2012

Cinta Gue nyangkut di PARE

Ini kan yang elo elo pade mau dari gue !!
Sebenernya saya itu paling males ngebahas yang namanya LOPE ato cintaa. Tapi berhubung sudah banyak penggemar saya yang request minta di bikinin crita bginian, yahh apa boleh buat dehh.


Cerita ini sebenernya cerita tentang curhatan gw waktu kasmaran :D
Mau di bilang aneh ya monggo, mau di bilang unik juga monggo, ya gimana elo aja dehh. Awal mula boleh dari waktu kapan aja, cz waktu pasti gw jatoh cintanya jg kga bisa di pastiin dan yang pasti gw sayang beeuudd ama diaa (#alay dikit ga papaa kan) “cieeeeeeee . . . !!”
Tapi mungkin cinte saya ke die mulai terdorong akibat olok-olokan anak Satren yang lain yang menghubung-hubungkan saya dengan die.

Hubungan cerita ini ama PARE adalah disanalah tempat gw dan die mulai “eheemm cieeee !!”
(diem loo !! ribut ajee ). Awal mula sih ngerasa (kata anak gaol si jerojii) sedikit nerveous gitu lah, ya wong namanya juga paliiinn in loopp gituu. Yaa ngerasa hari hari tu kayak ada warna baru yang bikin hati kaga bosen lagi dan yang pasti HP kaga bisu lagi.

Tiap hari tanpa terkecuali hari libur dan hari jum’at, saya berdo’a ama Yang Kuasa biar di kasih kekasih soleh dan insya Allah baik luar dan dalam, dan mulai berharap kalo hati ini kaga salah.
Sumpah, bikin cerita kayak bginian tu susaahh banget. Tau kaga apa alesannya ?? Ya ini menyangkut dengan HATI dimana hati itu tidak dapat di bohongi dan di reka-reka.

Sebenernya si ada PIHAK ke 4 yang ikut MEMBATU proses jalinan kite b2, tapi menurut gw (tanpa mengurangi rasa hormat dan terimakasih) mereka itu BUKANnya membantu tapi malah membuat saya makin tidak enak tiap dekat die. Tapi yaa LUPAKAN !! just forget it lahh !!

Lanjutt .
Ketika gw liat die sih sebenernya biasa aja, tapi suatu saat gw rasa ada sesuatu yg berbeda dari die. Kaga tau tu asalnya, yang pasti die berbeda dari yang laen. Gw mulai berpikir ada yang salah ama diri gw atau perasaan ini yang salah ?? Itulah yang gw rasain saat itu.

Langsung ke Inti cerita. Ceritanya gw ama temen temen yang lagi belajar di Pare KEDIRI. Disanalah tempat yang saya pikir tempat yang cocok untuk “cieeee !!” (Suuuttt !! ah ni ganggu aja nihh !!), lanjut !! tempat yang cocok untuk nyatain cinte gw ke die. Npa gw berpikir bgitu ?, karena tempatnya yang lumayan asikk dan sedikit orang yang kenal dg gw.
Dan asal elo elo tau aja, kalo Jantung jedagg-jeduugg tiap gw deket die itu rasa yang WAJAR.

Tepatnya hari #tiiittt di warung hijau lesehan dekat kost waktu pagi setelah masuk kelas pagi, kaga tau kenapa ini hati pengen cepet cepet mastiin kalo dia itu bgitu lahh. Yang bikin pikiran jadi makin kacau adalah ketika gw mulai mengirim SMS sedikit gombal yang memang tujuannya serius dan menanyakan apakah die mau ama gw.

Dan jawabanya adalaahh ?? “aku bakal nerima tapi kamu kudu ngomong langsung ke die tanpa pake perantara.”

Aduuhhh !!, ini die yang saya paling hindarii dan nyatanya keluar jugaaa .

“emang knpa kga lewat sms aja sih ??”

“ya kan kalo lewat SMS tu bisa keapus lagi, dan aku ga mau kalo janjinya ikut keapus juga”

“aduhh,, iya dehh tapi nanti nunggu siap dulu yaa ?? :D”
Itulah sedikit jalan cerita gw praPacaran. Dan setelah waktu berjalan begituuuu lamaaa !!
Saat itupun tiba tanpa saya sadari dan mungkin ini sebuah pertandaa “cieeeeeeee !!”
Tepatnya hari RABU di kelas gw, memang sudah direncanakan dalam pembelajaran bahasa inggris kali ini terdapat materi tentang EXPRESSION of LovE 



Yang didalamnya kita harus mengutarakan rasa cinta Kite ke seseorang (lawan jenis) dan tanpa di duga duga si GURU menyruh “Bagi yang punya pasangan di kelas ini, harap nyatakan cintanya ke pasangannya tsb “

Shitt,, dan di perparah anak-anak satren lainnya yang mulai usil dan meneriaki rian Fiah Rian Fiah,,
zzzzz
Sebenarnya memang saya sudah menduganya dari jauh jauh hari dan doorr akhirnya terjadi jugee, yah apa boled buat saya walaupun sedikit grogi (padahal grogi banget) mulai memberanikan diri dan ingin membuktikan kalo gw itu memang beneran jatoh hati ama elu.

Suara riuh di kelas mulai menyeruak ketika SAYA dan Die mulai beradu kata yang mungkin sayapun tidak terlalu faham apa yang saya katakan. Was wess wosss yang saya tau Cuma di kalimat terakhir

(dengan wajah pucat dan badan yg mulai gemetar, gw mmbranikan diri buat bilang)
“And finally I wanna say to you . would u be my soulmate ??”

Suara di kelas saat itu muakiinn kerass . Tapi hati ini masih belum tenang walaupun memang sebelumnya sudah saya nyatakan cinte ke die. Kali kali aja udah berubah pikiran kan bahaya menn !!
Untungnya hal itu Cuma ada di pikiran gw doank dan kejadian sebenarnya adalah die terime Gw
Alhamdulillah . .

fiuh, akhirnya hutang gw ke die udah lunas dan hati ini kaga lagi bimbang dan resmi insya allah jd pasangan hidup die.

Kamis, 05 Januari 2012

Asiknya di Pare

Saya rasa, yang menyangka kalau di Pare itu ngebosenin atau kaga berguna itu untuk sebagian orang disini itu di sangkal. Sebenernya sih sebegimana kita ngakalinnya aja biar jadi enjoyy. Dan memang untuk hari – hari awal ih terlihat betee, tapi hari-hari selanjutnya untuk sebagian orang sih oke oke ajaah. Nyatanya untuk Coach yang megang kendali anak – anak cowok sih asik asik ajah, mungkin nasib sial yang di dapat oleh anak anak cewek yang di pegang oleh coachnya yang KATANYA sih coachnya kaga seru dan galak. Mungkin hal itu adalah salah sati penyebab si INTAN APRILIANI, DEA AZZA CIF dan sebagian kawannya tumbang satu demi satu.

Memang nasib yang malang di terima oleh INTAN yang tiba tiba baru beberapa hari menetap di kost kosan putri  tibba tiba di serang penyakit yang katanya si TYPUS. Pada hari menjelang dia di rawat di RUMAH SAKIT sebelumnya hanya di sangka sebagai dema biasa, tetapi saat malamnya si Intan mulai bertambah parah dan langsung di periksa oleh dokter yang katanya di sarankan untuk di bawa ke rumah sakit.

Semua anak anak yang mendengar cerita tersebut bersimpati pada intan dan mendo’akan supaya intan lekas sembuh. Dan tindakan terakhir yang penitia lakukan adalah memulangkan Intan dan Dea Azza ke rumah di karenakan memang sakitnya mulai membaik dan agar bisa di jaga serutin mungkin.

Udah beberapa hari di Pare dan mulai ikut kelas belajar, yang di rasa ya itu itu aja, sakit, cemberut, bete, laper, ngantuk dll. Tapi untuk hari Sabtu dan Minggu semua berubah, karena hari sabtu dan minggu adalah Hari liburnya libur. Dimana saat itu kita bisa menclang (minggat/pergi) kemanaa ajah. Yang saya lakuin saat itu ya ngikut anak anak yang lain aja.


mulai jalan jalan pagi !!
hampir nyerempet saya saat pengambilan gambar !!

 
lewat gang cuy !!

Mau nyebrang ke jalan menuju kamp


Sabtu pagi setelah sarapan saya dan Sandi Purwiro mulai mencari cari sepedah mana yang bakal kita sewa selama 1 minggu. Dan akhirnya kita dapet sepedah yang bakal di pake buat jalan jalan yang kebetulan berbarengan dengan Ikhtiawan yang mau jalan ke simpang lima. Tanpa pikir panjang saya dan Sandi pun ikut jalan jalan bareng dia yang kaga tau berapa jaraknya dan dimana tempatnya.

Di cerita ini kenapa saya kaga jalan bareng si Ahmad  yang memang biasanya jalan beduaan macam sendal jepit, karena si ahmad memang sudah ilang semenjak pagi sebelum sarapan bareng pacarnya Khodijah. Lanjut ke simpang lima, tepatnya pukul setengah 9 pagi kita ber10 berangkat ke simpang 5 dengan sepedah yang udah di sewa.

Sambil ketawa ketiwi di jalanan sekalian refreshing kita menelusuri jalan dan keindahan kota kediri di saat itu. Udah beberapa kilo kita lewati dan simpang lima belum muncul juga rupanya, emangnya simpang lima dimana sih ?? pikir saya saat itu.

lagi cari sepedah 




 uji kelayakan

Untuk mengafdolkan arah perjalanan, kita menyempatkan berhenti sebentar dan bertanya arah ke simpang lima. Dan jawaban yang sama yang di berikan setiap orang yang kite tanya yaitu “pokok’e jalannya lurus aja, ngikuti jalan BUS sing lewat aja yoo. Toh mas-mas’e dari mana toh ?”
ya bgitu lah rata rata dan jawab dengan tampang heran. 

Beberapa menit udah berlalu dan saya mulai kesal ama si ichtiawan, yang saya tanyain ke die adalah seberapa jauh jaraknya dan dengan tampang polos kaga ada artinya die jawab yah sekitar 20 kiloan lahh . Shit !! jauh benner , tau gitu mah saya mending tidur aja di kamer dehh. Tapi perjalanan sudah kandung sangat jauh, ya saya putuskann untuk terus dan terus memacu sepedah berboncengan dg temen saya yaitu Sandi purwiro.
Panasnya siang itu kaga melunturkan semangat saya untuk liat apa aja si yang bikin alan ama fahmi bilang simpang lima tu kaya HONGKONG. Semejak si fahmi bilang kayak hongkong, ya yang ada dalam pikiran saya ya orang dagang, lampu, dan belaja. Makin semangat lagi deh !!




 siap brangkaaaatt !!


minggir !! wuaahahaha

 istirahat and take a picture


 ketinggalan jauh men !!


Kaga kerasa udah 1 jam setengah menelusuri jalanan Kota Kediri dan akhirnya bangunan kubus yang guedee beserta jalanan yang tersusun rapih bikin kaga nyesel hati udah tampakk jelas di depan mataa. Hal pertama yang saya lakuin adalah mengucap syukur sama Allah SWT yang udah kasih penglihatan biar bisa  ngeliat tempat yang lumayan indah bgini.
Dan hal kedua yaitu POTO POTOOOO !! uahahaha

Memang saya itu doyan banget moto tapi kaga terlalu demen ama di poto. Berhubung Stok korban ppoto saya sedikt, ya saya foto dengan seadanya sajaa
check it out :
 baru nyampe langsung POTOOO !!


minggat bareng batuurr !!


ini die !!



 
aseeekk,, a a bisma makin keren ajaa :D


 balik dari simpang 5


 saya kaga mau kalah ama yg laenn,, ikut poto poto juga !!

 minggat ke simpang 5 dan kite happy happy !!
aseeeekk !!




Ada satu kejadian yang mungkin bisa kita petik hikmahnya dan dijadikan pelajaran buat kita yaitu. Saat pengambilan gambar tersebut saya kurang memperhatikan rambu rambu yang ada di sekitar jalan tsb diantaranya “dilarang parkir” dan “dilarang Berehnti”. Ya alhasil saya kena marah petugas yang lagi ngawasin kita dan pak Polisi yang emang lagi duduk di sana.Tapi ya kalo saya jadi Petugas yang marahin saya ya saya kaga bakal ambil tindakan memarahi dulu, tapi dekati trus tanya baik baik “mau apa mas-mas datang kemari ?”, “asal dari mana toh ?”, trus tunjukin deh biar aman ambil poto atau tunjukin tempat parkirya. BGITUU !! (itu juga kalo saya yg jadi petugas di situ)
Pengalaman tsb juga bisa diambil hikmah dan pelajarannya. Ok ??

Nah,saat saya rasa waktu foto-fotonya sudah cukup,  saya memutuskan pulang duluan bareng partner saya yang emang sedang ada masalah ama celananya :D. (maaf bang bcanda koqq). Siang tepat sehabis ba’da Lohor kita be2 ninggalin anak anak yang rupanya lagi asik-asik foto bareng tempat itu.

Dan kembali kami menggoes spedah butut kami menuju Kamp di Pare dengan susah payah dan panas terik Matahari dan sempet minum es air tebu yang emang rasanya jauh beda ama es tebu di Cirebon tempat kami tinggal. Sedang asik asiknya istirahat, kami berdua melihat segerombolan bocah yang rupanya tidak asing lagi buat kami, yaitu tmen teman seperjuangan yang RUPAnya baru mau berangkat menuju ke simpang lima. (gila bener tu bocah, siang siang masih aja pengen ke simpang lima) Yah what eper lahh, semangat kawaaann !!.

Setelah beberapa kali istirahat dan perjalanan pulangpun kamu tempuh sekitar 1 jam 15 menitan tapi yang anehnya ketika tersisa 2 km menuju tempat kamp kami, saya melihat kelompok yang berangkt waktu pagi bersama kami itu pulang dengan naik angkot (mungkin) dan sepedah di ikat di atas mobilnya. Mereka melintas dengan senang gembira dan sempat mengolok-olok kami dengan kata-kata yang mungkin kurang asik tanpa berhenti dan menawari tumpangan ama kite. (asemm lu padeeee !! sompreett !!)

Dengan sepedah yang udah kaga teratur lagi bentuknya dan jeruji ban belakang yang rupanya putus 3 besi dan ban yang mepet sama sepedah (bikin berat jalan aja !!) kite dengan susah payah dateng dengan selamat serta cuapeknya bukan main ke kamp kami. (fiuuhh lega benneerr !!).




Dan ada 1 cerita lagi tentang SIMPANGAN TEBE.
Suatu saat si TB di tanya ama ashof temen akrabnye, “eh Be, kamu ke simpang LIMA ga ?”
TEBE : “Ya iya lah, lni saya udah bolak balik 2 kali ke SIMPANG LIMA”
ashof : “widiihh gayaa !!, emang kaga cape yoo ??”
TEBE : “nggk tuh, biasa ajah. Emang knpa ?”
Ashof : “nggk, yang lain tuh 1 kali pergi pulang aja udah nggk sanggup kesana lagi , lah kamu udah 2 kali hebat uyy. Mana buktinya kamu ke simpang 5 sampe 2 kali gitu “

TEBE dengan bangga nunjukin hasil Fotonya
TEBE : “nihh, fotonya Cuma kayak gini doang sihh !!, Cuma ada pedagang ama yaahh kendaraan gituu”.
Ashof : (dengan heran karena jauh beda dengan poto poto temen yang lainnya) “idiihh, ini dimana Be ?”
TEBE : (dengan muka polos) “ya di simpang lima lahh !!”
Ashof : eh eh, ira tau nggk ni tempat apa ?? (bertanya ama temen yang lain yang memang habis dari simpang 5 dan tahu tempat di foto itu)
## : “ai ini mah di alun alunn, simpang lima si yang ada kubus di persimpangan itu lohh !!”
Ashof : “laahh ya pantees bae kamu kuat 2 kali bolak balik, ini kan poto di alun alun :D”
Tebe : “oh iya tahh ?? hahahaha”

Kacau dehh,, itulah asal mula SIMPANGAN TEBE

Selasa, 03 Januari 2012

CIREBON - PARE

Pare terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang - Blitar.
Sudah lama ada wacana Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri. Namun niat ini tidak pernah serius dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten atau para Bupati yang menjabat. (mulai era Bupati H. Sutrisno, Wacana tersebut akhirnya benar-benar dibatalkan, karena akan mendapatkan protes dari warga di sebagian wilayah Kabupaten Kediri, terutama di daerah selatan-seperti Kras, Ngadiluwih, Kandat dan Ringinrejo dan di daerah barat sungai Brantas-seperti tarokan, Grogrol, Banyakan, semen dan Mojo.
Sehingga diambil jalan tengah dengan menempatkan Pusat pemerintahan di wilayah Kec. Ngasem Kediri, tepatnya di Ds. Sukorejo (biasa disebut Katang) dan akan juga dibangun Pusat Bisnis di Wilayah Kota Baru Gumul.)

Study – Tour kali ini adalah suatu tempat yang memang terkenal akan kampung inggrisnya yaitu Kampung Pare yang memang letaknya sangat jauh dari kota kesayangan kami yaitu CIREBON. Telah terjadi pro-kontra terhadap keputusan dewan sekolah tentang study – tour ke Pare yang memang waktu yang digunakan memakai waktu libur sekolah dan libur tahun baru. Yang biasanya anak-anak Satren habiskan dengan liburan bersama keluarganya atau bermalas – malasan di rumah.

Banyak anak Satren dan mayoritas tidak mengikuti study-tour tersebut dikarenakan menggunakan waktu yang salah yang biasanya study-tour itu di saat KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar dan beberapa faktor lainnya.

Pada Hari Selasa 20-12-2012 di stasiun Parujakan Cirebon telah berkumpul sekitar 110 an siswa yang mulai sumringah (senang) karena mungkin pertama kalinya naik kereta atau pertama kalinya perjalanan jauh (curhat boyy!!).

Sumpek, panas dan bla bla bla celotehan itulah yang keluar dari mulut mulut anak-anak Satren yang rupanya hanya sebagian yang ikut ke Pare. Hal pertama yang saya pikirkan saat mulai memasuki gerbong kereta api adalah apakah saya bisa mendapatkan  kursi ataukah harus nangkring diatas gerbong (dont try this at anywhere). Yang akhirnya saya dan ahmad mendapatkan tempat duduk bersama dua orang yang menurut saya ANEH !.
Selama di dalam gerbong, kami berempat bersama


M Rizal Fahmi


Ahmad Mujahid A


Rian Rahmat H

Saya

dan Alan ( maaf kaga ada fotonya cz ni bocah susah bgt di foto)

Dan banyak lagi cerita tentang pengalamannya dan hal hal unik tentang kreta api. Fahmi yang notabene adalah atlit Sepak Bola sempat menanyakan keadaan saya yang rupanya wajah saya terluhat pucat macam orang yang ingin muntah. Dan nyatanya dialah (fahmi) yang sebenarnya sejak awal sudah mulai merasa tidak enak badan.

Dalam perjalanan menuju Pare yang ternyata jaraknya bisa di tempuh sekitar kurang lebih 12 jam dengan kereta. Banyak hal menarik yang saya jumpai ketika kereta yang kami jumpai sudah lumayan lama berjalan yang dimulai dari pedagang yang tak pernah berhenti berlalulalang dimulai dari berjualan kopi, makanan ringan, air botol dan yang saya heran adalah ketika ada seorang yang berjalan mengikuti barisan para pedagang sambil membawa anaknya, apakah dia seorang penjual anak atau hanya orang lewat saya kurang tahu.

Yang membuat saya kaget adalah ketika kereta sudah memasuki kawasan ### dan tanpa sengaja terlewat seorang pedagang menjual bakpia. Apakah kita udah memasuki kawasan tersebut Jogjakarta ? Kami sempat herann. Baru sebentar memasuki kawasan Jogja tiba-tiba lewat seorang pedagang yang menjual brem Talun , dan saya kembali terheran karena apakah saya linglung atau siapakah yang salah ?? kereta berjalan sangaaat tenang.

Ketika waktu sudah menunjukan pukul 22.00 sesuatu yang mengkagetkan dan membuat panik sekitar gerbong tersebut, yang ternyata ada Benciiss meennn. Mungkin rada genit menggoda para penumpang sambil mencari nafkah lewat godaannya.
di bawah ini adalah hal hal yang mungkin sebagian orang ga tau .

1. Pantat panas : mungkin karena hampir 10 jam duduk (walaupun bisa jalan tapi hampir 85%nya di kursi kereta)

2. Ga bisa tidur : hal ini di karenakan rel kreta ataupun klakson kreta dan suasana yang kurang memungkinkan untuk tidur.

3. Berisik : banyak pedagang yang lalu lalang menawarkan dagangannya (susu . . !! susunya maass . . !! mi ayam maasss !! tolooong maaasss !! sayang anaaakk . .  !! ) banyak dehh .

4. Begadang : suasana yang kaya gini yang maksa kita buat begadang !!

5. Si gope pindah posisi : ahmad sempet kaget gara-gara setelah meninggalkan kursi kreta untuk ke kamar kecil bareng saya, tiba-tiba setelah mau kembali ke tempat duduk terlihat cecunguk yang udah tidur pules di pojokan (tempat ahmad duduk) dan asik dengan ECESSnya !!

6. Sampai di tempat bukan tujuan : yoi, asikk sampai di stasiun di rusak dengan tidak asiknya nungguin mobil BUS untuk nganterin ke tempat tujuan sebenarnya.

7. Nunggu mobil BUS yang nyatanya mobil elf : dan makin di rusak lagi, dengan salah perkiraan yang dikira bakal naik bis malah naik mobil elf.

8. Elf streess : Pagi dini hari itu semakin di buat parah dengan mobil elf dan pengemudi yang marah marah (ngomong pake nada tinggi) sambil mengendarai mobil elfnya TIDAK KURANG DARI 120 km/jam. Mengacuhkan larangan “HATI-HATI RAWAN KECELAKAAN“, “KURANGI KECEPATAN”, “AWAS TIKUNGAN TAJAM” , sampai menelepon saat kecepatan lebih dari 120 km/jam.
dan di perparah dengan suasana yang gelap dan sedikit sepi. Saya yang duduk di depan bersama Ghulam, dari awal sampai akhir perjalanan tetap beristighfar dan berharap mati dengan keadaan beriman.

9. Nyasar : sudah untuk bisa nyampe di tempat nya, eh malah si sopir belaga bingung dan hampir nyasar ke tempat lain.

10. Sampai pas adzan subuh : alhamdulillahnya, sampai disana kita di sambut dengan adzan subuh yang terdengar dari masjid sebelah.



11. Istirahat dan kaget karena kamar yang sesuatu : setelah melaksanakan sholat subuh dan mengambil koper koper, langsung menuju kost-kosan

tampak samping
tampak samping

#Kost-kosan berhadapan .
dan melihat kamar yang keliatan kayak gudang, tapi apa boleh buat. Kita buat enjoy dan nyatanya itu kamar bisa bikin strees ilang juga .

12. Pasrah : mencoba pasrah dan tawakal karena tujuan selain belajar adalah holiday. ( yiiiihhaaaaaa !! :D )

13. Mandi : hal ke berapa setelah istirahat sejenak adalah MANDI, secara udah keringetan, bau, capek dan hal yang paling asik yaitu ya mandii . Sempet terjadi keributan di area kamar mandi yang di sebabkan oleh beberapa orang yang memang sudah tidak sabar untuk membuang sesuatu. tolong jangan tanyakan !!


suutt,, ini poto hasil paparazi si bisma !! :D
#maaf ya a’, tapi keren koqq .

14. Kumpul dan perkenalan para coach : sekitar jam 8an anak anak yang lain berkumpul di kamp cowok tepat di tengah koridor untuk perkenalan para coach yang bakal membimbing mereka dan membagi kelas belajar.
untuk kelas gabungan cewek dan cowok ada 4 kelas
dan kelas untuk cwok semua hanya ada 2 waktu, sehabis subuh dan jam malam.

15. Istirahat : Setelah perkenalan dan pembagian kelompok selesai dilanjut istirahat untuk makan pagi dan bakalan kumpul lagi buat seluruh anak cowok untuk belajar di kelas Malam yang pertama kalinya.

16. Kelas Malam : mulai pukul setengah 7 atau setelah sholat maghrib sampai dengan pukul 8.00 WIT.


17. Makan Malam : setelah kelas malam selesai, hampir semuanya makan malam dan mulai berpencar untuk mencari warung makanan yang keliatannya enak.
sejauh ini saya sudah mencicipi semua masakan warung yang ada di sekitar situ. Dari yang bertivi sampai yang tidak bertivi, dari yang berlampu listrik sampai berlampu badai, dari yang berkipas (sampai masuk angin) sampai ke kipas alami (sampai kudu kipas kipas sendiri).


poto poto lainnya :


siap siap cari sarapan !


nyari gembok buat ngunci Kamer meeenn !!




Menunggu sang mentari siap pancarkan sinarnya


cerita selanjutnya bakal nyeritain hal hal aneh tentang kegiatan sehari hari di Pare . 













Senin, 19 Desember 2011

Nginep di rumah Bang Ahmad

Huahahahaha, buahagianya terbebas dari UAS dan remedialnya yang sekarang saya inginkan hanyalah PREEDomm. Tau arti dari Preedom ?? Preedom berasal dari bahasa Jawa yang artinya bebas atau merkeda .

 Setelah seminggu full membunuh soal soal jahat kini saatnya bersenang-senang tanpa ada gangguan atau pikiran mengganggu lainnya. Dilihat dari judul cerita, memang saya bakal kasih tau kalian smua tentang asyiknya nginep dan ga asyiknya nginep. Nginep itu sendiri berasal dari kata Inap yang berarti beristirahat di tempat orang dengan izin atau bahasa GAHOLnya itu numpang tidur.


Asyiknya nginep itu kalau buat sesama cowok tuh bisa ngomongin cewek dan berbagi jurus ampuh biar bikin si do’i klepek klepeeekkk , nyemil bareng dan begadang sampai larut pagi atau juga bisa makan-makan alias bakar-bakar (daging-dagingan,jagung,mangga dll) .
Kalau masalah nginep untuk sesama cewek sih kurang tau pasti dan yang saya tahu itu kebanyakan cewek kalau nginep itu minta izinnya susah dan kalopun di izinin biasanya nanti nginepnya ngomongin cowok-cowok atau barang-barang lucu dan murah. (zzzz apa bangett !!)


Dan yang kaga enaknya nginep itu umpamanya makanan kaga ada, listrik mati, temen sedikit, dan yang paling bikin bete yaitu PULSA HABIS.


itulah yang yang kami berempat rasakan (rian,ayah fadil, linggar dan ahmad)
Rencana untuk menginap di rumah AM01/01 udah tersusun rapih dan diberitakan kepada seluruh anak-anak satren Khususnya anak laki-laki.

- - # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # - - 


Pagi Sabtu tanggal 17-12-2011.
Kusem dan lesu tersirat dari muka-muka anak Satren yang kemungkinan semalem abis kerja mati-matian demi menyelesaikan tugas proyek 400 soalnya. Untuk menghilangkan kekusaman dari muke-muke anak satren yang laen, sang KM memberikan solusi untuk NGINEP di rumahnye yang lumayan strategis untuk sekedar menghilangkan penat. Beberapa anak Satren menyetujui atau menyanggupi untuk menginap di rumah ahmad dan sebagian besar tidak ikut karena faktor-faktof yang lain.


Akhirnya diputuskan kumpul di masjid sekolah sehabis ashar.

Anak-anak satren yang ikut menginap mulai di calling dan di sms untuk di konfirmasi ulang yang pada akhirnya lagi yang ikut hanya 3 orang plus 1 tuan rumah. Cuaca mendung dan gerimis kecil ikut menyertai perjalanan menuju rumah ahmad.

Dingin, basah, pusing dan sedikit lega adalah perasaan kita ketika sampai di tempat tujuan. Hal pertama yang Saya (RN18/19) lakukan yaitu lepas Jaket. Sumpah biar pake jaket tapi masih tetep aja dingin (brrrrr !! huaciihhmm).

Duduk dan menyiapkan alat-alat yang bakal di pake buat nanti setelah sholat isya. Memang dari awal tujuan kita nginap itu just for fun. Sudah di persiapkan matang-matang kalau nanti malam bakal di gelar MARTABAK CUP

Tau MARTABAK CUP itu apa ?? Kompetisi Sepak Bola demi merebutkan sebongkah MARTABAK pemberian ayah AHMAD. Dengan sangat piaway jari jari fadil menari di atas stik Psnya dan menggocek lawan lawan yang menghadang di depannya.


Sebelum Martabak Cup di mulai, ternyata sang Ayah dari saudara Ahmad berbaik hati membelikan Sate Ayam dan Martabak untuk Kita makan malam. Uhhh matap kaliii !!
Memang yang namanya makan bareng itu sangat asik, apapun makanannya. Apalagi itu makannan di gratisi, makin enak.









Ketika Selesai makan dan Sholat Isya, langsung di gelar kompetisi Akbar yang di resmikan oleh Ketua Dinas PerPSan yaitu Drs. Fadilah Al-amin spd. BROSEEEPPP !!


dengan masing-masing klub jagoannya yaitu :
Fadil : Laperpool
Rian : Ngecester united
Linggar : AC Cemilan
Ahmad : Arsendal

Terjadi persaingan sengit antara Rian dan Fadil demi merebutkan martabak tersebut, dan persaingan sengit lainnya antara ahmad dengan linggar.Baku hantam terjadi ketika hampir terjadi goll yang meragukan, karena sang wasit tidak meniupkan peluit ketika garis offside yang benar-benar memang terlihat. Dengan segala jurus yang telah di keluarkan oleh masing-masing pemain telah meramaikan acara tersebut hingga larut malam.
Tak diragukan lagi bahwa si fadil yang memang berbakat dalam permainan PS memenangi kejuaraan tersebut dan mendapatkan trofi sebuah MARTABAK bangka isi susu + keju . Memang si do’i memiliki tekad kuat untuk mendapatkan hadiah tersebut.


sang pemenang


barang bukti langsung dari TKP !!




Peringkat 1 : Fadil (tanpa terkalahkan)
Peringkat 2 : Rian (kebobolan 2 gol dari Fadil, 1 dari linggar, dan 1 dari ahmad)
Peringkat 3 : Linggar (dengan mati-matian melawan ahmad yan lumayan jago di bidangnya)
dan yang  berada di Peringkat terakhir yaitu Bang AHMAD yang rupanya bernasip sial di kala itu.

Pertandingan tersebut berlangsung hingga jam 12 lewat. Dengan mata sayup sayup mereka menggocek lawannya dan tertawa bersama. Dan ketika yang lain sudah pada tepar/tertidur pulas yang saya tahu, Cuma si FADIL yang sedang asik ngotak – ngatik laptop ahmad yag di sinyalir mempunyai film seru di dalamnya. Tak tau hingga jam berapa Fadil asik dengan fimnya, yang pasti saya tau dia tidur ketika tempat menjadi tidak leluasa lagi alias sumpek.
si fadil hampir Pules bareng Laptop

Terbangun saat adzan subuh yang di kumandangkan oleh ayah ahmad yang memang letak musholahnya di samping tempat kami ber4 tidur. Memang mata masih terasa berat tapi layaknya muslim, kita harus melaksanakan ibadah wajib kita.

Saat sang fajar menjelang, 4 bungkus nasi kuning dan gorengan telah terhidang di depan mata yang menanndakan sarapan pagi. Sungguh, niat menginap di rumah Ahmad terasa menginap di hotel kaki lima, kebaikan sang ayah tercurah pada kami semua.

Tepatnya pukul 9 setelah mandi dan sarapan, kami ber3 berpamitan pulang dengan rasa segar karena beban yang telah hilang kembali. Huahahahahaha

*trims for ayah ahmad
           Ahmad and family
           and also for Allah, who always give me all a big BAROKAH
           I hope Allah always protect ahmad family's and give all the best thing, aamiinn
tambahan : sediakan banyak-banyak cemilan, kalau bawa si Fadil.
                           emang diye demen bener ama yang namanya cemilan
                          cemilan yang memang notabene untuk bareng-bareng, malah abis di makan diye semua


#90% nyata (tentang fadil juga), 10% hanya fiksi belaka.


created by : RN 18/19
date : 18-12-2011 @ahmad_house

Kamis, 15 Desember 2011

UASnya ELSATRENO


      Ujian Akhir Semester atau yang biasa kita panggil UAS udah jadi kegiatan rutin tiap akhir semester. Kenapa saya (writter/penulis/rian/bys di panggil abang rayy) nulis artikel ini, karena saya di paksa ama abang Ramdan ( admin blog www.elsatreno-sman1s.co.cc  ) buat nulis kejadian unik sekitar UAS di Elsatreno. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa (ehh, malah nglanturr. Maap pemirsah). Seperti yang kita ketahui, bahwa yang namanya UAS itu mengisi lembar jawaban sesuai kemampuan kita . Tau nggk kenapa saya kasih tulisan tebal di bagian itu, alasanyan cukup simpel yaitu iseng – iseng ajah mau nulis pake CTRL + Bold hehehe.


Kebetulan, UAS kali ini anak – anak Satren kebagian duduk bareng ama adik-adik kelas X.1 atau Sepuluh Satu. Yang membedakan UAS kali ini dengan UAS-UAS sebelumnya adalah waktu remedial yang di berikan hanya 3 hari. Maka dari itu, demi memperlancar nilai anak – anak Satren serta murid kelas 11 lainnya di beri tugas untuk membuat soal sejumlah 100 SOAL per BAB. Wah beruntungnya lagi di semester ini materi yang di berikan hanya 4 bab, so kami hanya membuat 400 soal saja itu juga beserta jawabanya. (whaaaaaaatttt !!!)


Sebenarnya tugas ini sudah jauh jauh hari di beritahukan ke anak-anak lainnya, mungkin terlalu menganggap remeh atau mudah jadi buatnya di tunda tunda dulu. Alhasil, ya kelabakan pas menjelang UAS deh.


Penderitaan tidak sampai di situ, ternyata Mr. Broto tidak mau kalah, ia memberikan tugas yang sama tetapi SEDIKIT lebih mudah. Untuk Materi terakhir kami di tugasi membuat Soal PG beserta jawabannya sejumlah 50 aja. (tetep aja uyy !!)


Lalu Bahasa Jerman mulai ikut-ikutan, kembali kami di beri tugas untuk materi tentang Meine Familie atau dalam Bahasa artinya Keluarga saya. Dalam tugas tersebut kami disuruh untuk membuat cerita tentang apa saja yang ada di keluarga tersebut, dari nama, umur, tempat tinggal, hobby, pekerjaan dan lain-lain dengan menggunakan tata bahasa Jerman yang baik dan benar.


Dan hari sebelum UAS, anak-anak hampir membuat tugas – tugas semakin menumpuk. Pak wahid (guru Pendidikan Agama Islam) datang dengan wajah yang kembali tidak senang akibat sebagian anak muridnya belum mengisi tempat duduk/belum masuk ke kelas tepat waktu. Sempat deg-deg seerr juga di buat guru ini, ketika murid murid telah terisi semua kemarahan pa wahid akhirnya tak terbendung dan tanpa basa basi menulis di papan tulis “Buat Makalah tentang Pendidikan Islam Terpadu”. Di kumpulkan sekarang !!
Aseemmm,, wah parah ini mah. Dengan wajah takut dan agak kebingungan anak-anak Satren yang lain mulai membuat tugas yang saya kira sulit.
Tiba-tiba pak wahid berkata, “okeh, saya sih tidak enak dengan kelas yang lain dan ini khusus untuk kelas IPA 3(mksdnya kelas kami), Jika nilai kalian ingin keluar maka kalian semua harus membuat Soal + jawaban. Di ketik serta di jilid. Kalian Bikin 500 soal PG + jawabannya serta kalian juga hafalkan semua hadist dari buku kelas sepuluh sampai semester ini.”
Wah, mati deh gue. Kaga nyangka bakal berakhir seperti ini tapi lama berselang Pak Wahid pun mengevaluasi tindakan kita tadi, dimulai dari Masuk tidak tepat waktu, menyepelekan Pendidikan Agama islam dan lain lain. Tiba – tiba pak wahid dengan wajah tersenyum dan tak kuat menahan  rasa tawa karena telah mengerjai anak muridnya pun mengurungkan niatnya untuk memberikan soal dan membuat makalah tersebut. Uhh rasanya tuh kayak ngebelah atmosfir bumi trus naik paus akrobatik menuju rasi bintang di langitt #iklan. Wahh ternyata itu Cuma gurauan belaka. Walaupun cuma gurauan, kami juga sadar betapa pentingnya waktu dan betapa beratnya mengerjakan 500 soal. Hahahaah


kembali ke judul.
Tepatnya semalam sebelum UAS menjelang, saya rasa anak – anak Satren lainnya pada sibuk sama buku dan tugas Proyek Matematiknya. Rasa campur aduk mulai dengan was-was karena pengawas yang galak, duduk sama siapa dan letak duduk yang strategis atau tidak, zzz mulai bingung deh .
Shitt ternyata, dugaan RN18/19 malam hari itu benar. Duduk di pojok depan paling kanan dekat dengan pengawas. Woalahh untung kaga di tengah, bisa –bisa main catur tuh ama pengawasnya.


Urutan tempat duduk di ruang 2 yang RN18/19 tempati seperti di bawah ini.
                                                   PENGAWAS-PENGAWAS
Nurul rosmelinda               Rahayu P                                Raija                        Rian
Zaroh                                Ruliya                                      Rivan                      Rindi
Senja                                Rahayu trustme                  Sri ayu nengsih               Tiara
                                                                                                                Widya Mas
Kebetulan ruangan yang kami tempati di ruangan 2 bener-bener dingin (maklum wong kampung). AC yang menyala (kg kya di 11 IPA 3 kadang nyala kadang mati dan banyak matinya.) trus Kipas yang muternya kuenceng bener trus penerangan yang lumayan cukup.
UAS di mulai dari hari Kamis-Sabtu lalu di lanjut Senin-Rabu. Ketika kemaren (sabtu 10-12-12) kedala sih Cuma satu, Mau belajar tentang PKN (karena UAS hari Ini adalah B.Indonesia dan Pkn) tapi apa yang mau di hafalin. Lahasil yang belajar seperlunya saja.
UAS pertama hari itu bahasa Indonesia, Sumpah yang namanya ngantuk itu pasti berasa banget. Kondisi yang cocok banget buat tidur (adem/remang-remang) di tambah lagi soal yang isinya CERITA dan mungkin banyak yang berbahasa melayu yang sedikit di pahami oleh kita.
1-50 terisi tapi banyak yang bolong dan waktu tersisa sekitar 45 menit lagi .(kondisi rada Panik !!) Saya (RN18/19) pakai waktu itu untuk tidur sejenak. Ketika saya membuka mata saya lalu menoleh ke jam yang menunjukan waktu 09.10 saya mulai panik  entah apa yang harus saya kerjakan. Waktu tersisa 5 menit lagi dan tanpa basa – basi saya keluarkan JURUS LIRIKAN MAUT  sampai jurus yang paling tradisional KANCING KEBERUNTUNGAN. Kertas jawaban yang belum saya isi saat itu mulai penuh berkat kerja keras jurus yang di warisi oleh teman-teman saya. Hahaha

Masih banyak lagi cerita seru dan lucu sekitar UAS di ELSATRENO. Tunggu episode selajutnya !!
#kisah selanjutnya saya bakal cerita tentang siapa aja yang terlibat dalam artikel ini dan akan saya ceritakan tentang perjalannan kisah hidup saya.