Selasa, 03 Januari 2012

CIREBON - PARE

Pare terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang - Blitar.
Sudah lama ada wacana Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri. Namun niat ini tidak pernah serius dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten atau para Bupati yang menjabat. (mulai era Bupati H. Sutrisno, Wacana tersebut akhirnya benar-benar dibatalkan, karena akan mendapatkan protes dari warga di sebagian wilayah Kabupaten Kediri, terutama di daerah selatan-seperti Kras, Ngadiluwih, Kandat dan Ringinrejo dan di daerah barat sungai Brantas-seperti tarokan, Grogrol, Banyakan, semen dan Mojo.
Sehingga diambil jalan tengah dengan menempatkan Pusat pemerintahan di wilayah Kec. Ngasem Kediri, tepatnya di Ds. Sukorejo (biasa disebut Katang) dan akan juga dibangun Pusat Bisnis di Wilayah Kota Baru Gumul.)

Study – Tour kali ini adalah suatu tempat yang memang terkenal akan kampung inggrisnya yaitu Kampung Pare yang memang letaknya sangat jauh dari kota kesayangan kami yaitu CIREBON. Telah terjadi pro-kontra terhadap keputusan dewan sekolah tentang study – tour ke Pare yang memang waktu yang digunakan memakai waktu libur sekolah dan libur tahun baru. Yang biasanya anak-anak Satren habiskan dengan liburan bersama keluarganya atau bermalas – malasan di rumah.

Banyak anak Satren dan mayoritas tidak mengikuti study-tour tersebut dikarenakan menggunakan waktu yang salah yang biasanya study-tour itu di saat KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar dan beberapa faktor lainnya.

Pada Hari Selasa 20-12-2012 di stasiun Parujakan Cirebon telah berkumpul sekitar 110 an siswa yang mulai sumringah (senang) karena mungkin pertama kalinya naik kereta atau pertama kalinya perjalanan jauh (curhat boyy!!).

Sumpek, panas dan bla bla bla celotehan itulah yang keluar dari mulut mulut anak-anak Satren yang rupanya hanya sebagian yang ikut ke Pare. Hal pertama yang saya pikirkan saat mulai memasuki gerbong kereta api adalah apakah saya bisa mendapatkan  kursi ataukah harus nangkring diatas gerbong (dont try this at anywhere). Yang akhirnya saya dan ahmad mendapatkan tempat duduk bersama dua orang yang menurut saya ANEH !.
Selama di dalam gerbong, kami berempat bersama

M Rizal Fahmi

Ahmad Mujahid A

Saya

dan Alan ( maaf kaga ada fotonya cz ni bocah susah bgt di foto)

Dan banyak lagi cerita tentang pengalamannya dan hal hal unik tentang kreta api. Fahmi yang notabene adalah atlit Sepak Bola sempat menanyakan keadaan saya yang rupanya wajah saya terluhat pucat macam orang yang ingin muntah. Dan nyatanya dialah (fahmi) yang sebenarnya sejak awal sudah mulai merasa tidak enak badan.

Dalam perjalanan menuju Pare yang ternyata jaraknya bisa di tempuh sekitar kurang lebih 12 jam dengan kereta. Banyak hal menarik yang saya jumpai ketika kereta yang kami jumpai sudah lumayan lama berjalan yang dimulai dari pedagang yang tak pernah berhenti berlalulalang dimulai dari berjualan kopi, makanan ringan, air botol dan yang saya heran adalah ketika ada seorang yang berjalan mengikuti barisan para pedagang sambil membawa anaknya, apakah dia seorang penjual anak atau hanya orang lewat saya kurang tahu.

Yang membuat saya kaget adalah ketika kereta sudah memasuki kawasan ### dan tanpa sengaja terlewat seorang pedagang menjual bakpia. Apakah kita udah memasuki kawasan tersebut Jogjakarta ? Kami sempat herann. Baru sebentar memasuki kawasan Jogja tiba-tiba lewat seorang pedagang yang menjual brem Talun , dan saya kembali terheran karena apakah saya linglung atau siapakah yang salah ?? kereta berjalan sangaaat tenang.

Ketika waktu sudah menunjukan pukul 22.00 sesuatu yang mengkagetkan dan membuat panik sekitar gerbong tersebut, yang ternyata ada Benciiss meennn. Mungkin rada genit menggoda para penumpang sambil mencari nafkah lewat godaannya.
di bawah ini adalah hal hal yang mungkin sebagian orang ga tau .

1. Pantat panas : mungkin karena hampir 10 jam duduk (walaupun bisa jalan tapi hampir 85%nya di kursi kereta)

2. Ga bisa tidur : hal ini di karenakan rel kreta ataupun klakson kreta dan suasana yang kurang memungkinkan untuk tidur.

3. Berisik : banyak pedagang yang lalu lalang menawarkan dagangannya (susu . . !! susunya maass . . !! mi ayam maasss !! tolooong maaasss !! sayang anaaakk . .  !! ) banyak dehh .

4. Begadang : suasana yang kaya gini yang maksa kita buat begadang !!

5. Si gope pindah posisi : ahmad sempet kaget gara-gara setelah meninggalkan kursi kreta untuk ke kamar kecil bareng saya, tiba-tiba setelah mau kembali ke tempat duduk terlihat cecunguk yang udah tidur pules di pojokan (tempat ahmad duduk) dan asik dengan ECESSnya !!

6. Sampai di tempat bukan tujuan : yoi, asikk sampai di stasiun di rusak dengan tidak asiknya nungguin mobil BUS untuk nganterin ke tempat tujuan sebenarnya.

7. Nunggu mobil BUS yang nyatanya mobil elf : dan makin di rusak lagi, dengan salah perkiraan yang dikira bakal naik bis malah naik mobil elf.

8. Elf streess : Pagi dini hari itu semakin di buat parah dengan mobil elf dan pengemudi yang marah marah (ngomong pake nada tinggi) sambil mengendarai mobil elfnya TIDAK KURANG DARI 120 km/jam. Mengacuhkan larangan “HATI-HATI RAWAN KECELAKAAN“, “KURANGI KECEPATAN”, “AWAS TIKUNGAN TAJAM” , sampai menelepon saat kecepatan lebih dari 120 km/jam.
dan di perparah dengan suasana yang gelap dan sedikit sepi. Saya yang duduk di depan bersama Ghulam, dari awal sampai akhir perjalanan tetap beristighfar dan berharap mati dengan keadaan beriman.

9. Nyasar : sudah untuk bisa nyampe di tempat nya, eh malah si sopir belaga bingung dan hampir nyasar ke tempat lain.

10. Sampai pas adzan subuh : alhamdulillahnya, sampai disana kita di sambut dengan adzan subuh yang terdengar dari masjid sebelah.

11. Istirahat dan kaget karena kamar yang sesuatu : setelah melaksanakan sholat subuh dan mengambil koper koper, langsung menuju kost-kosan

tampak depan

tampak samping

#Kost-kosan berhadapan .
dan melihat kamar yang keliatan kayak gudang, tapi apa boleh buat. Kita buat enjoy dan nyatanya itu kamar bisa bikin strees ilang juga .

12. Pasrah : mencoba pasrah dan tawakal karena tujuan selain belajar adalah holiday. ( yiiiihhaaaaaa !! :D )

13. Mandi : hal ke berapa setelah istirahat sejenak adalah MANDI, secara udah keringetan, bau, capek dan hal yang paling asik yaitu ya mandii . Sempet terjadi keributan di area kamar mandi yang di sebabkan oleh beberapa orang yang memang sudah tidak sabar untuk membuang sesuatu. tolong jangan tanyakan !!

suutt,, ini poto hasil paparazi si bisma !! :D
#maaf ya a’, tapi keren koqq .

14. Kumpul dan perkenalan para coach : sekitar jam 8an anak anak yang lain berkumpul di kamp cowok tepat di tengah koridor untuk perkenalan para coach yang bakal membimbing mereka dan membagi kelas belajar.
untuk kelas gabungan cewek dan cowok ada 4 kelas
dan kelas untuk cwok semua hanya ada 2 waktu, sehabis subuh dan jam malam.

15. Istirahat : Setelah perkenalan dan pembagian kelompok selesai dilanjut istirahat untuk makan pagi dan bakalan kumpul lagi buat seluruh anak cowok untuk belajar di kelas Malam yang pertama kalinya.

16. Kelas Malam : mulai pukul setengah 7 atau setelah sholat maghrib sampai dengan pukul 8.00 WIT.

17. Makan Malam : setelah kelas malam selesai, hampir semuanya makan malam dan mulai berpencar untuk mencari warung makanan yang keliatannya enak.
sejauh ini saya sudah mencicipi semua masakan warung yang ada di sekitar situ. Dari yang bertivi sampai yang tidak bertivi, dari yang berlampu listrik sampai berlampu badai, dari yang berkipas (sampai masuk angin) sampai ke kipas alami (sampai kudu kipas kipas sendiri).

poto poto lainnya :

siap siap cari sarapan !

nyari gembok buat ngunci Kamer  !!

cerita selanjutnya bakal nyeritain hal hal aneh tentang kegiatan sehari hari di Pare .